Rabu, 08 Maret 2017

Luar Biasa, Inilah 9 Khasiat Buah Buni Yang Jarang Diungkap

SeharHerbal - Bisa jadi Anda telah mengenal Buah Buni hanya sebagai campuran rujak uleg. Rasanya yang manis, asam segar serta cenderung sepat, membuat buah berwarna merah-ungu ini sangat cocok sebagai pelengkap bagi rujak. Buah Buni merupakan buah bacca atau berry, dengan nama latin Antidema thwaitesianum. Terlihat buah ini mirip buah anggur, bentuk bulat, kecil serta bergerombol. Buah Buni matang dapat langsung dimakan atau dibuat selai.



Kandungan buah Buni, memiliki gizi serta fitonutrien–nya yang tinggi. Buah Buni mengandung banyak nutrisi misalnya Vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitmain B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium serta serat-serat, Alkaloida Friendelin.

Warna ungu kehitaman dalam buah buni matang akan menunjukkan adanya kadar antosianin yang tinggi pada buah ini. Kehadiran senyawa aktif antosianin dan bernilai sangat penting bagi kesehatan pembuluh darah Anda. Antosianin bekerja dengan proses mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) pada tubuh.

Meski saat ini hanya ditemukan dalam gerobag tukang rujak, namun buah ini memiliki sangat banyak kemanfaatan. Buah Buni mulai langka dan susah, namun manfaat buah buni sudah dikenal lama dan sangat lama. Berikut beberapa di antaranya.

1. Buah Buni Bermanfaat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Vitamin C dosis tinggi dalam buah Buni dapat meningkatkan kekebalan tahan tubuh. Buah ini juga serat yang dapat menjaga kesehatan pada saluran pencernaan serta menjegah terjadinya masalah usus. Buah bisa dimakan langsung dan dimasukkan dalam olahan makanan.

2. Menjaga Sistem Imun Tubuh.

Buah Buni bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan bisa sebagai antioksidan tubuh. Konsumsi Buni setelah kerja keras bisa dan mampu menyegarkan tubuh.

3. Kesehatan Mata.

Kandungan provitamin A pada buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta mampu mencegah terjadinya mata rabun saat ini. Buah dimakan langsung atau makanan olahan.


4. Mengobati Penyakit Sipilis.

Meski tidak diketahui pasti riset-riset tentang Buni, namun fungsi buah ini telah dikenal sejak lama untuk atasi penyakit Sipilis.

5. Memperlancar Saluran Pencernaan. B

Buah buni kaya akan serat. Konsumsi Buni secara teratur akan mengisi kurangnya serat di dalam tubuh. Sangat cocok dikonsumsi bagi Kamu yang mengalami masalah pencernaan. Buni mampu untuk melancarkan pencernaan serta mencegah konstipasi.

Baca Juga : Inilah 10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6. Cegah Kanker.

Buah Buni mampu juga berfungsi sebagai buah memiliki fungsi antioksidan untuk pencegah masalah kanker serta mencegah penuaan dini Anda. Adanya zat antioksidan mempunyai kemampuan tubuh menangkal efek radikal bebas, mencegah serta mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Peremajaan Kulit.

Kandungan Vitamin C serta Vitamin E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena mampu meningkatkan proses degenerasi, menutrisi, meremajakan, serta dapat menghilangkan sel-sel pada kulit mati. Kulit tampak lebih halus, putih, kencang serta bersinar.

8. Cegah Hipertensi.

Buah Buni mampu bermanfaat untuk Antihipertensi dan jantung. Pemakaian secara rutin akan mencegah risiko darah tinggi, kerja jantung Anda yang abnormal, serta aterosklerosis. Buni juga bisa dimanfaatkan agar penderita kurang darah.

9. Cegah Kholesterol.

Buah buni bisa bermanfaat agar mencegah kholestrol tinggi. Pemakaian secara rutin mampu menurunkan risiko kholesterol tinggi serta menurunkan lemak.

Cara Mudah Mengolah dan Menyiapkan Buah Buni

1. Dimakan langsung.

Buah Buni matang sekitar 30 – 40 buah mampu untuk buah camilan. Buah Buni dicuci bersih kemudian dibuang bijinya. Daging buah nya dapat langsung dimakan. Buah bisa juga dimanfaatkan dengan bahan rujak uleg, bisa juga diawetkan digunakan sebagai manisan, atau dibuat sirup yang dapat disimpan dalam botol.

Atau dapat juga dibuat dalam bentuk pasta agar bahan selai buah Buni. Bila akan digunakan pengobatan, bisa langsung dimakan 3 x 2 – 3 butir per hari. Minumlah air hangat dan air putih untuk menetralisir rasa sepat yang muncul di mulut.

2. Ditumbuk Seperti Jamu.

Buah atau daun tanaman Buni dapat ditumbuk untuk dibuat ekstrak jamu/herbal.

3. Diseduh.

Buah diambil dagingnya, kemudian ditumbuk alu–lumpang hingga sangat lembut. Tambah dengan air hangat-hangat kuku. Minum 2-3 kali dalam sehari, diulang bilamana perlu. Ampas sisa bisa dipakai untuk obat luka, dengan cara menempelkannya ke daerah luka.

This Is The Newest Post

Temukan Info Kesehatan Herbal Disini, Jika memiliki pertanyaan terkait posting ini jangan ragu memberikan komentar anda.
- Dilarang Promosi
- Dilarang Spamming
- Dilarang Berkomentar Kasar
EmoticonEmoticon