Selasa, 28 Februari 2017

Inilah 10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

IDSehatHerbal - Manfaat Madu untuk Kesehatan dan kecantikan. Madu merupakan salah satu pemanis tertua yang ada di bumi ini. Lebah menelan, mencerna lalu memuntahkan nektar untuk menghasilkan madu. Nektar yang berasal dari lebah ini mengandung sekitar 600 senyawa. Kita memerlukan lebah untuk selalu memproduksi madu, oleh karena itu wajib kiranya kita melakukan segala sesuatu yang kita bisa demi menjaga kelestarian lebah di muka bumi ini.

Madu memiliki banyak manfaat herbal baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan madu juga termasuk dalam daftar powerfoods yang seharusnya anda sediakan setiap hari di dapur cantik anda. Nah bagi readers sekalian yang masih belum tahu banyak tentang manfaat besar dari madu, dalam artikel berikut ini kami ingin memberikan ulasan mengenai manfaat madu untuk kesehatan.



Berikut adalah ulasan lengkap 10 Manfaat Madu untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung dan kanker

Kandungan flavonoid dan juga antioksidan dalam madu mampu membantu mengurangi resiko serangan jantung dan juga berbagai jenis kanker.

2. Mengurangi bisul serta berbagai gangguan pencernaan yang lain

Dalam sebuah penelitian terupdate/ terbaru, menunjukkan bahwa pengobatan dengan menggunakan madu dapat membantu membasmi berbagai gangguan seperti bisul serta bakteri gastroenteritis.

3. Anti- jamur dan anti-bakteri

Seorang direktur dari Unit Penelitian Madu menyatakan bahwa lebah mampu menghasilkan enzim untuk membuat hidrogen peroksida yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan juga anti-jamur.

Baca Juga : Waspadai, Inilah 5 Penyakit Yang Dipicu Gangguan Fungsi Ginjal

4. Meningkatkan stamina tubuh

Beberapa atlet Olimpiade kuno melakukan ritual makan madu dan juga buah ara kering agar stamina mereka dapat meningkat. Hal ini telah diverifikasi oleh studi modern baru-baru ini. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa mengkonsumsi madu sangat baik untuk mempertahankan tingkat glikogen serta mampu meningkatkan waktu pemulihan dibandingkan dengan pemanis yang lain.

5. Mengurangi iritasi tenggorokan dan batuk

Madu sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk, etrutama jneis madu soba. Di dalam sebuah studi dengan sample sebanyak 110 anak-anak, dinyatakan bahwa dosis tunggal madu soba setara dengan dosis tunggal dekstrometorfan. Jadi bisa disimpulkan bahwa madu juga sama-sama efektifnya untuk meredakan batuk terutama pada malam hari. Dengan mengkonsumsi madu soba kemungkinan tidur lebih tepat dan nyenyak juga semakin besar. Alhasil, kita bisa beristirahat dengan tenang tanpa rasa batuk yang menyerang.

6. Menyeimbangkan 5 elemen

Manfaat madu sudah digunakan selama lebih dari 400 tahun di India untuk pengobatan ayurvedic. Bagi masyarakat India, madu sangat berguna untuk menurunkan berat badan, meningkatkan ketajaman penglihatan, menyembuhkan ejakulasi dini dan impotensi, gangguan asma bronkial, gangguan saluran kencng, mual serta diare.

Madu dikenal sebagai "Yogavahi" karena memiliki keunggulan mampu menembus jaringan tubuh yang paling dalam. Ketika madu digunakan bersamaan dengan campuran obat herbal yang lain, maka kualitas obat tersebut dapat meningkat hingga mampu mencapai jaringan tubuh yang lebih dalam.

7. Regulasi gula darah

Meskipun madu hanya mengandung gula yang sederhana, namun madu tidak bisa kita samakan dengan gula pasir maupun pemanis buatan. Kombinasi yang tepat antara glukosa dan fruktosa sangat berkhasiat dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Beberapa madu murni dan alami akan mengandung indeks hipoglikemik yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan gula darah dalam tubuh kita.

8. Mempercepat penyembuhan luka termasuk luka bakar

Mengaplikasikan madu pada bagian tubuh yang terkena luka terbukti efektif sama seperti pengobatan dengan cara konvensional. Hal ini karena madu memiliki sifat anti-bakteri dan juga terdapatnya efek pengeringan gula sederhana yang membantu proses peyembuhan luka agar lebih cepat.

9. Probiotik

Beberapa varietas madu mempunyai sejumlah bakteri ramah yang bagus untuk tubuh. Misalnya adalah 4 spesies bifido dan juga 6 jenis laktobasilus. Hal inilah yang menjadikan madu disebut-sebut memiliki sifat terapeutik.

Baca Juga : Stop Obsesi Tubuh Kurus Guna Mencegah Munculnya Anoreksia Nervosa

10. Kulit yang lembut dan inah

Kualitas anti-bakteri yang terkandung dalam madu sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Bila kita mencampurkan madu dengan bahan lain seperti telur atau jeruk nipis, maka hasilnya kita akan mendapatkan kulit yang lembab, lembut dan terawat.

Pada dasarnya madu memiliki profil falvonoid yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada sumber nektar bunga yang menghasilkan madu tersebut. Beberapa jenis madu yang populer di sekitar lingkungan kita.

Inilah 7 Jenis Madu Yang Berkasiat Tinggi dan Populer di Indonesia

  1. Madu Blueberry
  2. Madu Semanggi
  3. Madu Alfalfa
  4. Madu Orange Blossom
  5. Madu Soba
  6. Madu Manuka
  7. Madu Wildflower
Karena memiliki jenis yang berbeda-beda maka akan lebih aman jika anda memastikan terlebih dahulu madu yang anda miliki adalah madu mentah atau madu murni. Madu mentah umumnya mengandung enzim, vitamin serta mineral yang tidak ada dalam madu murni.

Namun baik madu mentah maupun madu murni sama-sama bermanfaatnya bagi kesehatan. Tergantung kita menggunakannya untuk tujuan yang bagaimana. Hal terpenting yang harus kita waspadai dari madu adalah tidak memberikannya pada bayi yang masih belum berusia 1 tahun. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan spora dari Clostridium botulinum pada madu dengan jumlah kecil. Meskipun tidak akan berbahaya bagi orang dewasa dan juga anak- anak dengan usia lebih dari 1 tahun, namun bagi bayi hal ini sangat tidak baik karena dapat mengakibatkan reaksi yang cukup serius serta meningkatkan resiko terserang beberapa penyakit di tahun pertama.

Selain itu madu adalah gula yang tidak baik jika kita konsumsi dengan jumlah yang berlebihan.

Itulah ulasan mengenai manfaat madu untuk kesehatan yang bisa anda jadikan wawasan baru untuk lebih mencintai madu dan juga menggunakannya dengan tepat. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa madu sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan namun kita juga harus mengatur dosis yang tepat untuk mengkonsumsinya

Temukan Info Kesehatan Herbal Disini, Jika memiliki pertanyaan terkait posting ini jangan ragu memberikan komentar anda.
- Dilarang Promosi
- Dilarang Spamming
- Dilarang Berkomentar Kasar
EmoticonEmoticon